Pengertian Investasi Reksadana

Investasi saat ini menjadi salah satu sumber keuangan yang menjanjikan. Selain banyak ragamnya, investasi juga sudah bisa diakses secara digital dengan bantuan teknologi yang ada. Dari sekian banyak jenis investasi, seperti obligasi, emas, reksadana dan saham, reksadana adalah yang paling cocok bagi investor pemula.

Namun, apa sebenarnya pengertian investasi reksadana? Berikut ini ulasan selengkapnya terkait definisi, keuntungan dan juga manfaatnya.



Pengertian Investasi Reksadana

Reksadana merupakan salah satu produk investasi berupa kumpulan dana yang kemudian dijadikan modal investasi dalam bentuk instrumen investasi lainnya. Manajer investasi yang kemudian mengelola kumpulan dana tersebut.

Treasure Fund Super Maxi adalah salah satu contoh produk reksadana saham jangka panjang. Dimana produk tersebut kerap dijadikan investasi yang sekaligus menjadi tabungan. Penting bagi Anda untuk memahami produk dari reksadana agar dapat memilih sesuai tujuan atau rencana keuangan Anda.

Manfaat Investasi Reksadana

Usai memahami pengertian investasi reksadana, kini kita beralih kepada manfaat reksadana. Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan berinvestasi reksadana.

1.      Dapat melakukan diversifikasi investasi. Dimana hal ini bisa menjadi cara untuk memperkecil kerugian ketika Anda bermain investasi yang lebih berisiko seperti saham

2.      Merasakan keuntungan dari investasi dalam pasar modal dengan modal kecil dan risiko yang lebih rendah sesuai keuntungan yang diberikan. Salah satu jenis reksadana yang risikonya kecil layaknya tabungan dan juga deposito ialah reksadana pasar uang

3.      Tidak perlu memantau pergerakan atau kinerja dari investasi Anda. Sebab telah dikelola oleh manajer investasi yang terbukti profesional. Sehingga Anda bisa berinvestasi sambil tetap beraktivitas lainnya seperti bekerja.

4.      Proses jual-beli lebih mudah. Sebab dengan bantuan teknologi kini Anda bisa menjual dan membeli reksadana secara online. Artinya reksadana sifatnya lebih liquid. Terlebih manajer investasi telah bekerjasama dengan perbankan nasional dan juga ecommerce yang mempermudah segala prosesnya.

Keuntungan Berinvestasi Reksadana

Seperti halnya instrumen investasi lainnya, reksadana juga menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Namun dengan catatan, Anda sebagai investor paham betul dengan investasi Anda. Selain memahami pengertian investasi reksadana serta manfaatnya, Anda juga harus tahu keuntungan yang bisa di dapat dari reksadana.

Dengan memahami keuntungan reksadana berikut ini, diharapkan investor dapat membuat rencana investasi atau keuangan yang lebih matang. Baik dari segi modal, jangka waktu serta risiko dari investasi yang akan diambilnya. Dari sini juga Anda bisa membandingkan dengan investasi lain sehingga lebih mudah melakukan diversifikasi.

1.      Reksadana mudah dipelajari dan  dipahami, sehingga cocok bagi pemula bahkan mereka yang berusia muda untuk mulai merencanakan keuangan dengan berinvestasi

2.      Memberikan penawaran beragam sesuai tujuan keuangan dan juga kemampuan modal. Pada dasarnya reksadana terbagi menjadi dua penawaran yakni reksadana konvensional dan syariah. Anda bebas memilih sesuai keinginan dan pertimbangan, kemudian Anda akan diarahkan ke lembaga yang menyediakan produk investasi tersebut

3.      Modal awal yang terjangkau sesuai kemampuan dana yang telah Anda persiapkan. Prosentase keuntungan akan dibagi secara adil dengan perhitungan yang transparan sesuai jumlah investasi Anda yang masuk. Secara sederhana, investasi ini tak ubahnya menabung tetapi dengan keuntungan yang lebih menjanjikan.

Dari ulasan mengenai pengertian investasi reksadana, manfaat hingga keuntungannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa setiap investasi selalu memiliki risiko tersendiri. Hanya saja untuk reksadana sedikit lebih mudah diantisipasi tanpa perlu bermain strategi selama investor memahami. Jadi, jangan takut memulai berinvestasi!