Cryptocurrency adalah

Berbicara mengenai investasi tentu sudah tidak asing dengan istilah cryptocurrency. Cryptocurrency adalah salah satu instrumen investasi yang tengah digandrungi terutama oleh investor muda saat ini. Sebelum Anda ikut berinvestasi dalam bentuk mata uang digital ini, maka harus paham dulu definisi dan cara kerjanya sebagai alat transaksi maupun investasi.



Pengertian Cryptocurrency adalah

Cryptocurrency sering disebut juga dengan mata uang digital. Sebab secara bahasa, cryptocurrency berasal dari dua kata yaitu cryptography yang berarti kode rahasia dan juga currency yang artinya mata uang.

Jadi cryptocurrency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dengan sandi-sandi rumit yang melindungi keamanan mata uang digital tersebut. Sehingga kecil kemungkinan untuk bisa dipalsukan.

Tidak seperti mata uang konvensional yang terpusat, mata uang digital lebih bersifat desentralisasi. Cara kerja cryptocurrency atau mata uang digital ini tidak melibatkan perantara atau pihak ketiga. Transaksi berlangsung secara peer to peer dari pemberi ke penerima. Setiap orang bertanggung jawab atas uangnya sendiri.

Setiap orang memiliki kode masing-masing untuk bertransaksi menggunakan cryptocurrency. Tidak ada aturan mengenai siapa saja yang dapat menggunakan mata uang digital ini dan untuk apa mereka menggunakannya. Namun transaksi tersebut tetap dibawah pantauan sistem cryptocurrency.

Cryptocurrency bersifat global, artinya Anda bisa menggunakannya untuk bertransaksi secara virtual atau dalam jaringan internet secara bebas antar negara karena cryptocurrency sama di tiap negara.

Mata uang digital ini juga tidak terpengaruh oleh kurs. Fluktuasinya lebih dipengaruhi oleh ketersediaannya dan juga trust dari pengguna. Selain untuk transaksi, fungsi lain mata uang digital atau cryptocurrency adalah untuk penambangan (minning) dan berinvestasi. Dalam dunia investasi, banyak orang percaya jika nilai cryptocurrency akan semakin tinggi.

Jenis-jenis Crypptocurrency adalah

Sebenarnya ada 2.200 lebih jenis cryptocurrency yang diperdagangkan secara umum. Namun hanya beberapa saja yang saat ini tengah populer di dunia. Berikut ini adalah beberapa contoh cryptocurrency yang populer digunakan hingga saat ini.

1. Bitcoin

Hingga saat ini, jenis cryptocurrency yang satu ini masih menjadi yang terpopuler. Sampai dengan November 2019, tidak kurang dari 18 juta Bitcoin dengan value kisaran US$146 milyar diperdagangkan. Sebab itulah hingga sekarang, 68% dari cryptocurrency adalah Bitcoin.

2. Litecoin

Salah satu jenis cryptocurrency yang mampu membentuk blokchain dengan kecepatan yang lebih tinggi. Oleh sebab itu memudahkan setiap orang bertransaksi dengan lebih cepat, tanpa harus menggunakan sistem komputasi dengan kecepatan penuh.

3. Dogecoin

Mata uang kripto jenis ini dianggap paling bersahabat. Sebab kerap digunakan pada kegiatan amal. Nilai Dogecoin sendiri lebih rendah dari Bitcoin.

4. Bitcoin Cash

Jenis ini muncul karena adanya beberapa kelompok pengguna Bitcoin yang merasa keberatan dengan aturan yang diberlakukan. Mereka lantas memisahkan diri dan memunculkan Bitcoin Cash ini di tahun 2017. Mereka mengklaim mata uang hasil improvisasi dari Bitcoin ini lebih baik dari Bitcoin itu sendiri.

Cryptocurrency di Indonesia, memang tidak diakui untuk dijadikan alat tukar sah selain rupiah. Namun keberadaannya masih diperbolehkan dan legal. Hanya saja BI menyarankan untuk menjadikannya simpanan dan juga aset untuk diperjualbelikan. Sebab itulah cryptocurrency menjadi salah satu primadona investasi di negeri ini.

Terlebih setelah dikeluarkannya peraturan terkait penyelenggaraan pasar fisik aset kripto di bursa berjangka sebagai payung hukumnya. Para investor tanah air yang bermain Bitcoin atau mata uang kripto lainnya lebih merasa aman dan tenang.

Investasi cryptocurrency adalah salah satu investasi yang mudah dilakukan. Hanya transaksi jual-beli aset memanfaatkan fluktuasi agar mendapat keuntungan pada investasi jangka pendeknya. Sementara untuk  jangka panjang, yaitu menjadikan cryptocurrency sebagai store of value. Layaknya emas yang disimpan dan nilainya terus meningkat.

Cryptocurrency adalah salah satu aset yang bisa Anda gunakan untuk mengantisipasi devaluasi. Dengan memilih jenis cryptocurrency yang tepat seperti Bitcoin misalnya, Anda akan memperoleh return yang menggiurkan.