Cara Main Saham Pemula

Apakah saat ini Anda berencana untuk menjajal investasi saham? Jika jawabannya ya, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami esensi dari investasi saham itu sendiri. Selanjutnya, baru Anda mulai mempelajari cara main saham pemula. Tentunya dengan harapan agar Anda terhindar dari kerugian dan meraih keuntungan.

Saham adalah instrumen pasar modal untuk jangka panjang. Dari sini Anda harus paham, semua butuh proses terlebih bagi pemula. Tidak ada keuntungan atau kesuksesan yang dicapai secara instan. Jadi, keuntungan bermain saham bisa Anda peroleh dengan cara berproses. Bisa lebih cepat dengan trading, tetapi risiko juga makin besar untuk mengalami kerugian apalagi bagi pemula.

Saham adalah bukti kepemilikan atas perusahaan, jadi Anda sebagai investor yang artinya juga pemilik perusahaan harus jeli memilih perusahaan yang produktif dan kuat secara finansial dan fundamental. Sebab dengan begitu Anda tidak akan salah memilih manajemen operasional yang akan meningkatkan nilai perusahaan dan memberi keuntungan.



Tips Cara Main Saham Pemula Untuk Menghindari Kerugian

Setelah diawali dengan memahami esensi dari saham, maka Anda bisa mulai menerapkan beberapa tips di bawah ini sebagai cara main saham pemula. Investasi saham menjanjikan keuntungan yang menggiurkan tetapi juga risiko kerugian yang tidak kalah besar jika Anda salah membuat keputusan. Jadi, mari kita simak tips berikut ini.

1. Dapatkan Informasi yang Valid

Jangan mengandalkan desas-desus di sekeliling Anda. Pastikan informasi terkait saham benar-benar dari sumber yang akurat. Seperti misalnya Bursa Efek Indonesia. Anda bisa menggunakan perkembangan teknologi untuk menggali informasi yang akurat secara digital.

2. Self Control yang Baik (Tidak Royal dan Tidak Pelit)

Tujuan berinvestasi saham tentu untuk meraih keuntungan, tetapi bukan berarti harus mengeluarkan modal besar. Cara main saham dengan modal kecil yaitu dengan menggunakan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi murah. Seperti misalnya pembukaan rekening mulai 100 ribu dan harga sahamnya di bawah 10 ribu.

Dengan begitu Anda bisa main saham modal 1 juta. Sebab jika harga saham di bawah 10 ribu per lembar artinya untuk 1 lot saham diperlukan modal maksimal 1 juta saja. Harga bukanlah tolak ukur bagus tidaknya saham. Sebab yang menjadi indikator bagis tidaknya saham adalah PER atau valuasi dari perusahaan itu sendiri.

3. Berlatih

Practice make perfect, rasanya ungkapan ini benar adanya. Sebelum terjun di pasar modal yang sesungguhnya, Anda bisa berlatih dengan bantuan aplikasi simulasi. Biasanya disebut dengan istilah virtual trading.

Ini adalah cara bermain saham tanpa modal, sekaligus ajang latihan bagi para pemula. Berinvestasi di virtual trading merupakan cara main saham pemula yang bertujuan melatih kejelian dalam membaca peluang dan situasi yang menguntungkan.

Hal ini lebih berguna ketika Anda ingin mengikuti trading saham di pasar modal. Agar lebih menguasai strategi dalam meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

4. Reksa Dana Saham

Reksa dana saham menjadi alternatif pilihan yang tepat bagi para pemula untuk memulai investasi saham. Ini adalah cara bermain saham dengan modal 100 ribu. Sebab saat ini beberapa ecommerce menyediakan reksa dana saham dengan modal awal 100 ribu saja.

Investasi ini lebih mudah dijalankan karena tidak memerlukan screening prtofolio perusahaan atau saham yang diinginkan. Selain itu risiko juga lebih rendah dan bisa menjadi batu loncatan untuk menambah pengalaman.